Proyek Sederhana Kado Explosion Box



Hi there! Ho there! Hi there! Who's there? He's there! 

Kali ini agak berbeda dari biasanya, di mana biasanya saya membahas seputar informasi dan perangkat lunak, namun pada kesempatan kali ini saya ingin menceritakan tentang proyek yang baru-baru ini saya kerjakan.

 Kado Ulang Tahun Explosion Box.

Sebelum terpikirkan proyek ini, saya mencari-cari ide kado yang pas. Suatu waktu saya terpikirkan dan ingin membuat kado yang terlalu rumit, di waktu yang lain saya terpikirkan untuk memberikan kado yang relatif mahal, namun pada akhirnya saya mendapatkan ide untuk membuat Explosion Box dan mulai untuk mencari-cari informasi di internet.

Hal pertama yang dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan. Dalam pengerjaannya saya, mengikuti video petunjuk di Youtube untuk memudahkan saya dalam menyelesaikan kado. Serangkaian pengerjaan seperti, membuat kotak besar dan kotak kecil beserta tutupnya untuk menempatkan berbagai snack di dalamnya. Setelah, terlebih dahulu untuk melapisi kotak dengan kertas kado luar-dalam agar terlihat rapi apabila dibuka. Setelah dilapisi snack baru direkatkan dengan lem. Sebagai hiasan tambahan, saya menambahkan pita dan bunga hias agar lebih enak dilihat.

Untuk pengerjaannya sendiri saya lakukan selama 3 hari atau kurang lebih 10 jam. Setelah kado selesai, saya masih memiliki 4 hari sebelum saya serahkan ke penerima. Usaha saya untuk mengatur waktu dalam pengerjaan, saya memiliki pikiran apabila saya menyelesaikan kado ini lebih awal maka tidak akan ada yang memberatkan saya lagi. Selain itu, saya meletakkan kado yang akan dikerjakan di tempat yang mudah saya lihat sehingga saya akan teringat apabila hal kado tersebut belum selesai.

Untuk dana yang dikeluarkan untuk membuat kado berkisar Rp70.000,00. Dana tersebut digunakan untuk membeli berbagai snack dan lem.

Hal-hal yang diperhatikan dalam membuat kado adalah kerapian dan keindahan dari kado. Dalam pembuatan kado saya menggunakan warna yang enak dilihat dan cocok dengan penerima dengan penambahan pernak-pernik agar terlihat beragam dan tidak membosankan. Untuk kerapihan sendiri, saya menyelesaikan kado dengan perlahan dan berhati-hati karena pembuatan kado banyak menggunakan lem sehingga jika mengulang dapat mengurangi keindahan dari kado.

Dalam pengerjaan kado, selain saya dan penerima kado, saya mengerjakannya sendiri karena menurut saya apabila mengerjakan proyek kecil tidak perlu lebih dari satu orang yang mengerjakannya dan kemungkinan malah membuat bingung dan tidak leluasa. Untuk menyerahkan kado ke penerima, saya hanya perlu membuat janji temu dengan penerima.

Kendala yang dihadapi dalam pembuatan kado, seperti membuat kotak dan melapisi kotak dengan kertas. Saya tidak memiliki kotak yang sudah jadi sehingga saya perlu membuat kotak tersebut dengan potongan kardus. Pembuatan kotak menurut saya menjadi kendala karena terkadang saya bingung ukuran yang sesuai dengan kotak kado seperti apa. Kotak yang saya buat juga tidak bisa disesuaikan dengan ukuran snack yang saya beli karena saya membuat kotak terlebih dahulu baru membeli snack. Untuk pelapisan kotaknya, saya harus ekstra teliti dalam menggunting sudut-sudut kertas agar tidak salah dalam membungkus. Terkadang saya salah dalam melekatkan kertas ke kotak sehingga perlu diulangi sehingga meninggalkan bekas lem di kotak. Ditambah dengan kertas yang saya gunakan tidak cocok sehingga menambah kesulitan dalam pelapisan kotak.

Sumber daya yang saya gunakan dalam pembuatan kado, antara lain:

  • Kardus
  • Art Paper Hitam
  • Lem
  • Gunting
  • Cutter
  • Pita
  • Bunga Plastik
  • Snack

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Baru dari Bujang Kurir: Bujang Lapok

Analisis dan Perancangan Basis Data

Konsep Dasar Data, Informasi, dan Pengetahuan