Konsep Sistem Informasi Manajemen


 Hi there! Ho there! Hi there! Who's there? He's there! 

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas Sistem Informasi Manajemen. Sebagai materi pembukaan kita harus mengetahui manajemen itu apa

Manajemen

Manajemen merupakan penggunaan sumber daya yang tersedia secara efektif untuk mencapai sasaran.  Sumber daya yang dimaksud dapat berupa manusia, material, modal, dan informasi. Kegiatan manajemen meliputi perencanaan, pengendalian, pengawasan, & pengambilan keputusan. Biasanya berkaitan dengan proses memimpin dan mengarahkan semua bagian dalam suatu organisasi atau bisnis dengan cara mengembangkan atau memanipulasi sumber daya.

Pengendalian, pengawasan atas kemajuan (tugas) dengan membandingkan hasil dan sasaran secara teratur serta menyesuaikan usaha (kegiatan) dengan hasil pengawasan.

Pengendalianpengawasan atas kemajuan (tugas) dengan membandingkan hasil dan sasaran secara teratur serta menyesuaikan usaha (kegiatan) dengan hasil pengawasan.

Pengawasanpenilikan dan pengarahan kebijakan jalannya perusahaan.

Pengambilan keputusansuatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia.

Proses Manajemen & Tingkat Manajemen

Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi manajemen merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok unsur dalam sebuah organisasi yang saling berkaitan pemecahan suatu masalah dengan memanfaatkan sumber daya manajemen hingga pada pemberian informasi untuk mendukung pengambilan keputusan.

Menurut Kenneth C. Laudon, Sistem informasi di tingkat manajemen sebuah organisasi yang melayani fungsi perencanaan, pengendalian, pengawasan, dan pengambilan keputusan dengan menyediakan ringkasan laporan rutin.

Isi basis data menjadi landasan dalam menghasilkan laporan periodik & khusus.
Model matematika dapat menyimulasikan beragam aspek operasi perusahaan.

Karakteristik SIM

  • Beroperasi pada tugas terstruktur: prosedur, aturan berkeputusan, dan arus informasi.
  • Meningkatkan efisiensi dengan mengurangi biaya.
  • Menyediakan laporan dan kemudahan akses yang berguna bagi pengambil keputusan.
Pengaruh Pengelolaan SIM
  • Cost of Running, penekanan biaya dan meningkatkan profit.
  • Customer Service, kemudahan pelayanan dan meningkatkan kinerja layanan.
  • Management Process, tertib tata laksana pengelolaan organisasi.

Sistem Informasi Manajemen dapat digunakan oleh seluruh staf yang ada di dalam suatu organisasi atau perusahaan. 

Konsep atau Komponen Pokok SIM

  1. Informasi, menambahkan sesuatu pada penyajian, y
    aitu berhubungan dengan waktu dan mutu.
  2. Manusia, pengolah informasi yang menentukan keterbatasan dalam sistem informasi dan mengesankan dasar-dasar rancangan mereka.
  3. Konsep sistem, memahami dan merancang tindakan pengembangan sistem informasi.
  4. Konsep organisasi dan manajemen, sistem informasi yang berada dalam sebuah organisasi yang dirancang untuk mendukung fungsi manajemen organisasi.
  5. Konsep pengambilan keputusan, mencerminkan perkiraan rasional terhadap optimasi dan teori keperilakuan pengambilan keputusan dalam organisasi.
  6. Nilai informasi, sebagai bahan pertimbangan dalam berkeputusan.
Laporan yang Dapat Dihasilkan
  1. Periodis, laporan yang dibuat dalam selang waktu tertentu.
  2. Ikhtisar, memberikan ringkasan terhadap sejumlah data atau informasi.
  3. Perkecualian, hanya ada bila terjadi keadaan tidak normal.
  4. Perbandingan, menunjukkan dua atau lebih untuk dibandingkan.
  5. Demand report, laporan yang sewaktu-waktu diminta pengguna.
  6. Real time, laporan yang diawasi langsung tanpa batasan waktu dan biasanya digunakan dalam bisnis secara langsung.
Contoh Sistem Informasi Manajemen
  1. Enterprises Resource Planning, Sering digunakan perusahaan besar & kecil untuk mengatur dan mengelola data yang terintegrasi antar unit dalam perusahaan.

  2. Supply Chain Management, Bermanfaat bagi pihak manajemen dalam mengintegrasi data, seperti pemasok, pengecer, produsen, dan konsumen.

  3. Transaction Processing System, Memproses data dalam jumlah besar serta transaksi yang besar dan dilakukan secara rutin. Biasanya digunakan dalam perusahaan finansial, inventaris, dan perbankan.

  4. Office Automation System, Mempermudah dan memperlancar komunikasi antar departemen dan antar server dalam suatu perusahaan.

  5. Informatic Management System, Mendukung proses penggabungan beberapa tugas menjadi satu dan saling terintegrasi. Dapat juga menyatukan beberapa fungsi informasi dengan program komputerisasi. Menganalisis informasi untuk bahan pertimbangan keputusan.

  6. Knowledge Work System, Pengintegrasian pengetahuan baru ke sebuah organisasi untuk peningkatan produktivitas dalam organisasi tersebut.

  7. Group Decision Support System dan Computer-Support Collaborative Work System, Mencari solusi dari sebuah permasalahan yang diperoleh melalui pengumpulan pengetahuan dalam kelompok.

  8. Expert System dan Artificial Intelligent, Kecerdasan buatan yang menganalisis permasalahan dengan bantuan tenaga ahli yang diprogram sebelumnya.

  9. Executive Support System, Membantu manajer dalam berinteraksi di lingkungan perusahaan dengan bentuk grafik dan alat komunikasi lain.

  10. Decision Support System, Membantu seorang manajer dalam mengambil sebuah keputusan dengan mengamati lingkungan perusahaan yang dilakukan untuk perkembangan dan peningkatan produktivitas.
Satu di antara contoh aplikasi sistem informasi manajemen yang biasa digunakan di perusahaan-perusahaan adalah Dynamics 365 for Enterprises and Operations yang dikembangkan oleh Microsoft. Dynamics 365 for Enterprises and Operations merupakan contoh Enterprises Resource Planning. Dynamics 365 sendiri menyediakan banyak aplikasi lain yang berguna sesuai kebutuhan suatu perusahaan.

Referensi

http://www.leadership501.com/definition-of-management/21/
https://kbbi.kemdikbud.go.id/
http://etheses.uin-malang.ac.id/2173/5/07410111_Bab_2.pdf
McLean Turban and Wetherbe, Information Technology for Management, 2nd Edition. John Wiley & Sons. Inc., 1999
Raymond McLeod, Jr. and George P. Schell, Management Information Systems, 9th Edition, Prentice Hall, 2004.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Baru dari Bujang Kurir: Bujang Lapok

Analisis dan Perancangan Basis Data

Konsep Dasar Data, Informasi, dan Pengetahuan